• Breaking News

    Kepala BKPM: Unicorn Salah Satu Penyelamat Dunia Investasi Internasional



    JPP, JAKARTA - Perusahaan start-up (rintisan) yang sudah memiliki valuasi aset senilai USD1 miliar atau yang juga sering disebut Unicorn dinilai menjadi salah sektor yang telah menyelamatkan dunia investasi internasional dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Maka itu, Pemerintah berkomitmen untuk mendukung lahirnya Unicorn baru di Tanah Air.
    Demikian disampaikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Investasi Unicorn untuk Siapa?”, bertempat di Ruang Serba Guna Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (26/2/2019).
    "Saya ingin angkat bahwa derasnya arus modal masuk ke ekonomi digital dan e-commerce adalah satu dari dua sektor yang menyelamatkan investasi internasional dalam lima tahun terakhir. Kalau bukan karena sektor ini, (investasi) turun, bukan naik," katanya. 
    Lebih lanjut Thomas Lembong menyebutkan bahwa Unicorn merupakan salah satu solusi yang dapat menyelesaikan masalah-masalah terkait iklim investasi dan perkembangan ekonomi di Indonesia. Salah satunya seperti masalah rendahnya harga yang diperoleh petani dengan tingginya harga yang dibayar konsumen. 
    "Banyak perantara dari petani dengan konsumen di ujung. Prediksi saya yang akan menyelesaikan penyakit ini di Indonesia adalah teknologi. Sudah ada start-up seperti tanihub atau e-tani yang menghubungkan langsung petani dengan konsumen. Itu contoh start-up menawarkan solusi yang praktis atas masalah-masalah yang terjadi," jelasnya. 
    Selain itu, Unicorn juga dinilai sebagai sebuah bentuk investasi yang tidak hanya menawarkan kuantitas, tetapi juga kualitas. Di mana kualitas tersebut dapat dilihat salah satunya dari banyaknya lapangan kerja yang diciptakan.
    Tidak berhenti di situ, Thomas Lembong menambahkan, Unicorn adalah contoh investasi yang membawa inovasi, teknologi, dan perubahan yang dapat menghubungkan produk-produk lokal dengan regional, bahkan global.
    "Menurut saya, investasi ke sektor digital memenuhi kriteria (investasi berkualitas) itu. Banyak lapangan kerja, banyak inovasi, teknologi baru, menghubungkan kita dengan dunia. Banyak usaha kecil menengah di dalam platform online bisa diakses miliaran internet user. Contoh lagi, buat saya, platform online ini telah berjasa memindahkan ratusan ribu usaha kecil menengah atau pekerja dari sektor informal ke sektor formal," tandasnya.
    Turut hadir dalam FMB 9 kali ini antara lain Menkominfo Rudiantara, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Founder PT Daya Cipta Mandiri Solusi Fanky Christian. 
    Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube). (nba)
    sumber: https://today.line.me/id/pc/article/Kepala+BKPM+Unicorn+Salah+Satu+Penyelamat+Dunia+Investasi+Internasional-nNJpWq

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728